Prima Nasarudin Ajak Milenial Produktif Kembangkan Kebun Hidroponik

Prima Nasarudin Ajak Milenial Produktif Kembangkan Kebun Hidroponik

MATARIAUNEWS-PELALAWAN - Prima Nasarudin, istri Wakil Bupati Pelalawan, mengajak kaum milenial untuk lebih produktif dengan mengembangkan kebun hidroponik. Ajakan ini bertujuan untuk mendukung sektor ekonomi, terutama bagi kaum milenial yang produktif. Berkebun hidroponik menjadi pilihan yang menarik karena tidak memerlukan lahan yang luas dan bisa dilakukan di pekarangan rumah.

Saat berkunjung ke salah satu perkebunan hidroponik milik warga di Kecamatan Bandar Sekijang, Pelalawan, Prima Nasarudin menjelaskan beberapa keunggulan berkebun dengan metode hidroponik. "Berkebun hidroponik hemat ruang karena tanaman dapat ditanam secara vertikal atau dalam wadah khusus. Penggunaan air juga lebih efisien, karena sistem ini memungkinkan daur ulang air yang digunakan," ujarnya.

Selain itu, Prima Nasarudin menambahkan bahwa dengan metode hidroponik, petani dapat mengontrol nutrisi tanaman dengan lebih tepat, sehingga tanaman dapat tumbuh lebih cepat dan sehat. "Tanaman hidroponik juga bebas dari hama dan gulma, karena tidak ditanam di tanah. Ini mengurangi kebutuhan akan pestisida," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyoroti bahwa tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik cenderung memiliki kualitas yang lebih baik, dengan rasa dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi. "Hidroponik memungkinkan pengendalian suhu, kelembapan, cahaya, dan pH sesuai dengan kebutuhan tanaman, sehingga memberikan kondisi yang optimal untuk pertumbuhan," tambahnya.

Selain tidak bergantung pada musim, hidroponik juga ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan air dan tanah serta meminimalkan limbah pertanian. "Metode ini sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan yang memiliki lahan terbatas," kata Prima Nasarudin, mengakhiri kunjungannya.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, Prima Nasarudin berharap agar kaum milenial dapat melihat potensi besar dalam berkebun hidroponik sebagai peluang usaha yang menjanjikan. ***

Berita Lainnya

Index