Balimau Laman Setiap Ramadhan,Perguruan Silat Pangian Kerinci Barat Juga Menerima Murid Baru.

Balimau Laman Setiap Ramadhan,Perguruan Silat Pangian Kerinci Barat Juga Menerima  Murid Baru.
Laman Silat Pangian Terusan Baru

MATARIAUNEWS-PELALAWAN- Perguruan silat Pangian Terusan Baru Kelurahan Kerinci  Barat pada hari Sabtu(16/3/2024)melakukan Pencucian Laman sekaligus menerima murid baru sebanyak lima orang.

Sebagai mana dalam aturan silat pangian sekaligus sebagai tradisi orang tua kita dulu,pada setiap tahun nya tepat di bulan ramadhan seluruh perguruan silat pangian akan mengadakan pencucian laman(gelanggang)masing-masing,tidak terkecuali laman silat pangian Terusan Baru Kerinci Barat.

Dalam acara tersebut terlihat Guru silat di laman tersebut bersama dengan murid-muridnya sedang melaksanakan doa bersama demi kelancaran dan keberkahan acara yang sedang di gelar,dan di lanjutkan dengan acara pencucian laman sekaligus penerimaan murid baru.


Sarkawi selaku Penghulu balai di laman tersebut mengatakan kepada Media Matariau.com,setiap masuk pada bulan ramadhan,upacara seperti ini memang sudah menjadi hal yang wajib di lakukan bagi setiap laman silat pangian di mana pun berada,karena sudah menjadi aturan silat pangian turun-temurun sejak dulunya.

"Setiap bulan ramadhan laman silat wajib di cuci,karena dalam aturan silat pangian memang begitu,pungkasnya.

Lanjut Sarkawi,ia juga merasa bersyukur karena di laman tempat nya belajar itu juga menerima murid baru,ia berharap kedepannya semakin banyak lagi yang ingin belajar silat pangian,sebab silat pangian ini bukan hanya mempelajari ilmu bela diri saja,namun juga melatih murid-muridnya untuk berbudi pekerti yang baik secara tuntunan agama islam,Tutupnya.

Berita Lainnya

Index