APP Sinarmas Bersama BRIN Taja Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu.

APP Sinarmas Bersama BRIN Taja Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu.

KAMPAR-Asia Pulp and Paper ( APP) Sinarmas Forestry Regional Riau melalui Unit Usahanya PT. Arara Abadi dan PT. Perawang Sukses Perkasa Industri ( PSPI  ) mengadakan Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu khususnya pembudidayaan Ikan Baung ( Mystus nemurus).

 

Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ( MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional ( BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu lalu, selain BRIN Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu juga melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Desa Makmur Peduli Api ( DMPA), Akademisi Universitas Islam Riau ( UIR) DR. Ir. Rosyadi M. Si. Pelatihan ini dilaksanakan dari Tanggal 14 s/d 16 November 2023 di Desa Sungai Paku Kacamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

 

 Pada Pelatihan Perikanan Darat lokal Terpadu diikuti oleh masyarakat Desa Makmur Peduli Api yang tersebar di sekitar konsesi perusahaan antara lain Desa Kesumbo Ampai Duri, Desa Pinang Sebatang Barat, Desa Pinang Sebatang Timur, Desa Melibur, Desa Bukit kapur, Desa Sungai Paku, masing masing Desa mengutus 4 orang peserta pelatihan.

 

BRIN yang membidangi Pusat Riset Zoologi Terapan Bapak Sutikno mengatakan Pelatihan ini  diberikan kepada peserta yaitu bagaimana cara membudidayakan  perikanan darat lokal.

 

" kita mengharapkan dengan kegiatan seperti ini, berbekal keilmuan yang diberikan pelatih dan tutor setelah pelatihan nanti para perserta bisa dan mampu melakukan pembudidayaan di tempat masing masing" . ujarnya.
 

Kegiatan ini  dibuka lansung oleh Direktur PT. Arara Abadi Bapak Ir. H. Edie Haris MZ yang didampingi oleh Direktur PSPI Bapak Makmur Hasibuan. Dalam amanatnya Edie Haris menyampaikan kembali bahwa Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ( MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional ( BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

 

" Diharapkan kepada peserta agar pelatihan ini dapat dijadikan ilmu dan keterampilan khususnya Budidaya Ikan Baung yang sekarang  susah untuk didapatkan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi  dan dapat di terapkan di desa masing masing sehingga dapat menghasilkan nilai tambah terhadap perekonomian masyarakat desa sekitar Hutan, Syukur Syukur bisa menciptakan lapangan kerja baru"  kata  Edi

 

Pembukaan Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu juga dihadiri oleh Camat Kampar Kiri H. Marjanis.SE, Kapolsek  Lipat Kain, DANRAMIL Lipat Kain , Universitas Islam Riau  DR. Ir. Rosyadi M. Si, Kepala Desa Sungai Paku Rocky. 

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sungai Paku  Rocky sangat berterima kasih kepada PT. PSPI dan PT. Arara Abadi atas dedikasi perusahaan selama ini terhadap masyarakat Sungai Paku.

 

" kedepan kerja sama yang baik selama ini bisa di jaga dan dapat ditingkatkan lagi pada asepek lain dalam mendukung  ekonomi masyarakat" tutupnya.*** (jC)

Berita Lainnya

Index