Resmikan Secara Simbolis 49 Pos Ranmil se Provinsi Riau, Ini Harapan Danrem 031/Wira Bima

Resmikan Secara Simbolis 49 Pos Ranmil se Provinsi Riau, Ini Harapan Danrem 031/Wira Bima

PELALAWAN - Tepat pukul 10.30, alunan sirene yang ditekan oleh Danrem 031/Wira Bima  Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, Dandim 0313/KPR  Letkol Arh. Muliadi, Bupati Pelalawan H. Zukri, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin menjadi penanda diresmikannya 49 posramil yang ada di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau. Seiring bunyi sirene terbuka papan selubung yang bertulis Koramil 03/Bunut, Pos Ranmil, Kecamatan Pelalawan. 

 

Peresmian ini juga sekaligus meresmikan posramil yang ada di Kecamatan Pelalawan, yang didatangi langsung oleh Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, di Kecamatan Pelalawan, Jumat (6/10/2023). 

 

Dalam sambutannya, orang nomor satu di jajaran Komando Resort Militer 031/Wira Bima ini menyatakan apresiasinya atas pendirian bangunan posranmil yang berada di 12 Kabupaten/Kota di Riau. Peresmian secara simbolis dilakukan di Kecamatan Pelalawan. Tujuan dibangunnya posranmil ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan implementasi dari tugas TNI Angkatan Darat di wilayah yakni membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat proses pembangunan di daerahnya. 

"Dan itu sesuai dengan UU No. 34/2004, termasuk juga ke depan kita ada kegiatan-kegiatan berkaitan dengan isu seperti, kejadian karhutla, mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu, narkoba dan illegal-illegal juga banyak. Tapi yang paling penting adalah bagaimana secara bersama merumuskan dan menjabarkan kebijakan pemerintah pusat sampai tingkat kabupaten dan ke kecamatan-kecamatan sebagai penjabaran dari UU No. 12/2002 tentang forkompinda," katanya. 

 

Jendral bintang satu itu menjelaskan bahwa khusus korem di wilayahnya dari 172 kecamatan di Provinsi Riau tinggal 16 lagi yang masih belum ada posranmil-nya. Diharapkan di akhir tahun nanti khususnya di Hari Juang Kartika tanggal 15 Desember, TNI Darat di wilayah ini sudah terisi semua. 

 

"Kita berharap dengan pendirian posranmil ini maka konflik yang terjadi di tengah masyarakat atau rencana pembangunan dari kepala daerah yang perlu disosialisasikan bersama-sama, bisa berjalan dengan lancar termasuk juga kita lakukan pembinaan-pembinaan olahraga," ujar Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, pada media ini. 

 

Disinggung soal realisasi Kabupaten Pelalawan memiliki Kodim sendiri, mantan Danrem 063/Sunan Gunung Jati itu mengatakan bahwa tiga minggu lalu dirinya ke Rohul dan juga sekaligus melakukan penandatanganan dan sudah dilaksanakan. Di tahun 2023 ini pembangunan makodim di Rohul sudah mencapai 40 persen dan akan dilanjutkan di tahun 2024. 

 

"Begitu juga di Kuansing, Pak Dandim juga sudah melaporkan ke saya dan sudah merencanakan tapi baru hari ini saya jumpa dengan Pak Bupati. Intinya, dari Pak Bupati, Ketua DPRD dan masyarakat juga sudah merencanakan tinggal proses anggarannya perlu dirancang, tidak bisa cepat harus ada mekanismenya. Supaya nanti keberadaan makodim ini tidak hanya sekedar hadir saja tapi juga harus tertib administrasi dan semuanya, saling menjaga," katanya. 

 

Bupati Pelalawan H. Zukri di kesempatan itu menyatakan apresiasinya atas kehadiran Danrem 031/Wira Bima yang telah meresmikan posranmil di Kecamatan Bunut yang juga menjadi simbolisasi peresmian posranmil yang ada di 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. 

 

"Dengan adanya posranmil maka akan makin mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Pelalawan, mempercepat kesejahteraan rakyat, penanganan narkoba bisa diantisipasi sedini mungkin. Imbasnya masyarakat jadi antusias, begitu excited karena kini memiliki posranmil sendiri. Adanya posranmil ini jadi semakin banyak tempat rakyat mengadu," kata Bupati Pelalawan yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Riau ini. 

 

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini bahwa pendirian posranmil memang baru ada di Kecamatan Pelalawan tapi pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan Makodim di daerah ini. Diharapkan untuk pendirian Makodim akan dituntaskan tahun ini dan tahun depan. 

 

Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin, meski singkat namun tegas menyatakan dukungannya dengan perkataan Bupati Pelalawan dan Danrem 031/Wira Bima untuk pendirian Makodim di Kabupaten Pelalawan. 

 

"Kami sudah lama cerita soal pendirian Makodim di Kabupaten Pelalawan. Jadi jelas saya mendukung rencana itu," tukasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Danrem 031/Wira Bima, Dandim 0313/KPR, Bupati Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan dan Kapolres Pelalawan melakukan penanaman tanaman kelor di halaman posranmil yang baru diresmikan. ***

Berita Lainnya

Index