Karhutla Di Gondai Pelalawan Padam, BPBD Lakukan Pendinginan

Karhutla Di Gondai Pelalawan Padam, BPBD Lakukan Pendinginan

MataRiaunews.com, PELALAWAN- Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla) yang terjadi di Desa Gondai Kecamatan Langgam Pelalawan sudah padam, meskipun demikian hari ini Rabu (4/10/23)  petugas masih berada dilokasi untuk melakukan pendinginan.

Karhutla yang terjadi di desa gondai Langgam ini merupakan hari ke -4, diketahui lokasi terjadinya masih satu hamparan dengan Karhutla pekan lalu puluhan hektar HGU PT. PHI dan lahan Kelompok Tani.

Menurut keterangan dari Abdul Hali Nafis salah seorang petugas Tim  Reaksi Cepat BPBD Pelalawan, yang masih berada di lokasi   di hubungi melalui selulernya membenarkan bahwa saat ini petugas memang dalam proses pendinginan

" iya, saat ini kami masih melakukan pendinginan di wilayah tersebut, ada 8 orang petugas dari BPBD Pelalawan masih melakukan pendinginan di lokasi titik yang berkemungkinan besar akan menjadi luas apabila tidak d padamkan, karna masih bnyak terdapat bahan bakar seperti semak belukar yang sudah mengering" Ujar Afiz.

Dikatannya lagi, untuk lokasi yang sedang dalam proses pendinginan  masih ada 3 titik yang harus di padamkan dan di awasi, apalagi  dalam proses pendinginan juga terdapat hambatan banyaknya akar yang menutupi bara api yang membakar tanah gambut, jadi petugas  harus memotong akar dulu baru bisa melakukan pendinginan.

"Dari tiga titik itu terdapat dua titik besar, namun untuk saat ini petugas terkonsentrasi pada titik lokasi yang ada semak belukarnya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lagi"tambahnya.

Sementara Kalaksa BPBD Pelalawan Zulfan S.IP. M.SI kepada Riauterkini Rabu (4/10) membernarkan bahwa untuk kabupaten Pelalawan saat ini Karhutla sudah Nihil.

"Alhamdulillah, petugas kita hanya tinggal proses pendinginan dilokasi desa Gondai Tersebut, moga ini cepat selesai dan di atasi" ujarnya. *** ( Cho)

Berita Lainnya

Index