PT SLS Gurup Astra Agro Lestari,TBK Langgar UU Dan PP Tentang DAS,LAR Minta DLHK Tutup Operasional PKS PT SLS

PT SLS Gurup Astra Agro Lestari,TBK Langgar UU Dan PP Tentang DAS,LAR Minta DLHK Tutup Operasional PKS PT SLS

Matariaunews.com- Pelalawan -Ketua Lingkar Aktivis Riau ( LAR) meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan ( DLHK) Provinsi Riau. Untuk tutup operasional Pabrik Kelapa Sawit (PKS) 1 PT Sari Lembah Subur (SLS) Gurup PT Astra Agro Lestari.Tbk 
karena melakukan Alih Fungsikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Genduang Kecamatan Pangkalan Lesung lebih kurang 1000 Meter.

Menurut keterangan Ketua Lingkar Aktivis Riau Endri Lafranpane mengatakan PT SLS telah melakukan tindak pidana pelanggaran melanggar PP Nomor 38 Tahun 2011 tentang sungai, Rabu (02/08).

"Saya lihat bahwa ada fakta dilapangan PT. SLS ini melakukan alih fungsikan sungai untuk langsung memasukan air di waduk Pabrik satunya, itu saya nilai ini merupakan perbuatan melawan hukum, karena UU dan PP itu sudah jelas, kok masih dilanggar" Tutur Endri.

Lanjut Endri, bahwa dirinya selalu memperhatikan lingkungan berharap kepada pihak terkait agar menutup PKS 1 PT SLS dan memulihkan kembali DAS yang di alih fungsikannya.

"Saya berharap agar pihak terkait menutup izin operasional pabrik satu PT. SLS karena sudahn nyata melakukan kejahatan lingkungan seperti alih fungsikan sungai genduang, dan untuk segera melakukan pemulihan Das kembali" Tegas Endri.

Endri yang juga merupakan aktivis KNPI yang membidangan LHK - P dan aktivis Alumni Himpunan Mahasiswa Islam akan kawal dan melaporkan tindakan pengrusakan DAS yang dilakukan PT SLS ini.

"Kita akan kawal terus kasus ini, dan akan melaporkan PT. SLS kepada pihak yang berwajib terkait pidana yang dilakukannya, dan juga akan kita pastikan PKS 1 tutup dan DLH Pelalawan harus croscek kelapangan jangan tutup mata" Uangkap Endri dengan Suara Lantang.

SHE PT. Sari Lembah Subur Antonius saat dokonfirmasi melalui pesan whatsApp seakan lari dari tanggung jawabnya sebagai SHE atau yang membidangi lingkunganlingkungan yang di berita kan di beberapa Media. Namun saat Media Inforiaunes. Com mencoba menghubungiSHE PT. Sari Lembah Subur Antonius melalui whatsapp ini jabatan nya. Dengan singkat " Wa'alaikumussalam warahmatullah, kabar baik bang Anto

Tadi ada juga dari Tim Radar WA ke sy, untuk satu pintu, biar dari humas saja yang menanggapi tutupnya. Setelah mendapat informasi dan Jurnalis Media ini mencoba menghubungi Humas Sls Dwky tora belum memberikan jawaban hingga pemberitaan ini di terbitkan terlihat sudah tersampaikan . ***

 

Sumber -INFORIAUNEWS

Berita Lainnya

Index