Seekor Tapir Sumatera Terlihat Berkeliaran Di Kota Pangkalan Kerinci.

Seekor Tapir Sumatera Terlihat Berkeliaran Di Kota Pangkalan Kerinci.

MataRiaunews.com, PELALAWAN- Seekor satwa jenis tapir dengan nama latin Tapirus Indicus, berhasil terekam video oleh masyarakat yang sedang lewat di jalan Abdul Jalil tepatnya jalan sebelah gedung daerah kabupaten pelalawan, pada pukul 02.00 wib tadi malam, Sabtu ( 6/5/2023).

Dalam video berdurasi 01.35 detik itu menampakan wujud satwa liar yang dilindungi oleh hukum itu berjalan diatas aspal. 

Matariaunews.com menkonfirmasi ke Kalaksa BPBD Pelalawan, Kalaksa membenarkan adanya satwa liar ( tapir ) itu dengan menurunkan anggota TRC untuk croshcek kelokasi. 

"Video itu benar, Tim TRC BPBD berhasil menemukan jejak nya menuju ke belakang Kantor Camat Pangkalan Kerinci setelah mendapat keterangan dari warga yang melihat pada waktu berangkat shalat subuh," kata Kalaksa BPBD, Zulfan, S.Pi, M.Si. 

Lanjut Kalaksa BPBD Kabupaten Pelalawan, kemungkinan besar Tapir itu belum keluar jauh karena jejak terakhirnya masih dalam kondisi basah.

"Anggota tadi melapor, kalau jejak nya masih kondisi basah, dan masih berada sekitar perumahan Bukit Pasir belakang kantor camat pangkalan kerinci," Terang Kalaksa BPBD.

Usaha untuk menemukan Tapir itu akan di koordinasikan dengan pihak BKSDA agar segera di evakuasi ke habitatnya lagi.

"Kami upayakan koordinasi dengan pihak BKSDA, karena kalau tidak cepat di evakuasi dan satwa itu masih berkeliaran di pemukiman, takutnya warga yang melihat terkejut malah mencoba untuk menyakiti atau sampai melukai satwa tersebut," Ujar Kalaksa BPBD Kabupaten Pelalawan. 

Himbauan juga di berikan oleh Kalaksa BPBD, "agar setiap masyarakat yang melihat Tapir dengan ciri-ciri bentuk seperti babi hutan dan punya belalai pendek serta punggungnya berwarna putih untuk tidak menyakiti apalagi sampai membunuh karena Satwa tersebut dilindungi dan dalam kondisi akan punah, Tutupnya, Sabtu (6/5/2023).***SAEL

Berita Lainnya

Index