DPRD Pekanbaru Ingatkan Badan Usaha Jaga Komitmen Laksanakan Program CSR

DPRD Pekanbaru Ingatkan Badan Usaha Jaga Komitmen Laksanakan Program CSR
Munawar Syahputra

PEKANBARU- Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru dari Partai NasDem, Munawar Syahputra, mengingatkan perusahaan yang beroperasi di Kota Bertuah untuk menjaga komitmen dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal itu mengingat dampak program itu dinilai sangat positif untuk membantu masyarakat, khususnya dari kalangan kurang mampu.

Dikatakan, perkembangan dunia usaha di Kota Pekanbaru sejauh ini terhitung pesat. Hal ini tidak terlepas dengan status Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan. Sehingga bisa dilihat saat ini hampir semua sektor usaha ada di Pekanbaru.

"Hal ini tentu saja harus disyukuri. Harapan kita, perkembangan menggembirakan juga ikut berdampak terhadap perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat kita," ujarnya, Selasa (21/3/2023).

Ditambahkannya, salah satu hal yang bisa dilakukan para pelaku badan usaha atau perusahaan yang beroperasi di Pekanbaru adalah menjalankan program CSR.

"Bisa digambarkan secara simpel seperti ini. Perusahaan yang beroperasi di Pekanbaru jangan sampai melupakan kondisi sosial di sekitarnya. Profit yang diperoleh sebaiknya juga disisihkan untuk membantu lingkungan sosialnya," terang pria yang kini maju sebagai bakal calon anggota DPRD Riau ini.

Sebenarnya, tambah Munawar, ketentuan mengenai program CSR sudah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 9 Tahun 2020 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha.

Untuk Kota Pekanbaru, aturan mengenai CSR ini juga sudah diatur dalam Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 195 Tahun 2017.

Di dalam aturan itu disebutkan, yang menjadi sasaran adalah seseorang, kelompok, atau masyarakat yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusian.

"Kita lihat saat ini, begitu banyak sektor usaha yang berkembang di Kota Pekanbaru. Mulai dari perhotelan, rumah sakit, mall, BUMD, BUMN bahkan perkebunan hingga migas. Bila program CSR-nya dikelola dan dilakukan secara konsisten, bisa dibayangkan betapa banyak masyarakat di kota ini yang bisa terbantu," tambahnya.

Dalam hal ini, Munawar juga mengharapkan instansi terkait di lingkungan Pemko Pekanbaru dengan giat mengingatkan seluruh badan usaha tersebut untuk menjalankan program CSR tersebut.

Agar hasilnya bisa maksimal, instansi terkait bisa melakukan pendataan badan usaha serta mengkaji sektor mana saja yang bisa dibanyu dan didukung melalui program CSR tersebut.

Dalam hal ini, komitmen dari badan usaha memang diperlukan. 
Sebab hal ini sabagat erat kaitannya dengan upaya  meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat. "Baik bagi badan usaha sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya," ujarnya lagi.

Pemerintah memang memiliki tanggung jawab membangun kehidupan masyarakat secara layak.

"Namun bila hanya mengandalkan anggaran pembangunan daerah, realisasinya tentu tidak mudah. Karena itu, sangat perlu ada dukungan dan upaya bersama dari sektor swasta. CSR ini adalah salah satu solusinya," ujarnya lagi. ***

Berita Lainnya

Index