Hingga Hari ini Kawanan Gajah Liar Masih Porak-porandakan Kebun Warga Pelalawan

Hingga Hari ini Kawanan Gajah Liar Masih Porak-porandakan Kebun Warga Pelalawan

MataRiauNews.com -PELALAWAN- Hampir 1 bulan berlalu kawanan gajah liar masih merusak kebun milik warga kabupaten Pelalawan, kondisi ini tentunya makin hari menambah kerugian  sangat besar terhadap masyarakat khususnya kebun  warga yang di rusak atau di makan kawanan gajah liar ini.

Hingga hari ini Selasa (7/2/23) kawanan gajah yang di perkirakan berjumlah 4 ekor masih berkeliaran di beberapa lokasi di kabupaten Pelalawan, daerah yang menjadi lokasi di lalui gajah ini yaitu, Kawasan kecamatan Langgam desa Gondai, kecamatan Pangkalan Kuras desa Betung dan Talau.

Dari laporan warga pemilik kebun yang di ketahui, ratusan batang sawit sudah rusak dan di makan kawanan gajah ini seperti yang di sampaikan kades Betung Darman, yang ternyata kebun pribadinya juga menjadi sasaran makanan gajah.

" Ya kebun saya pribadi lebih 100 batang sawit berumur 1 tahun,  yang di makan kawanan gajah, sehingga kondisi ini menimbulkan kerugian yang cukup besar " ujar Kades Betung Darman saat di hubungi media masih berada di lokasi lahan bersama rombongan BKSDA Riau, PT Musimmas berusaha menggiring kawanan gajah ini kembali ke lokasi habitat nya. <br><br>

Sementara Kabid Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar kepada media  membenarkan saat ini ada sejumlah kawanan gajah liar diperkirakan berjumlah 4 ekor yang masuk ke perkebunan warga Pelalawan, namun dari awal laporan masyarakat pihaknya mengakui sudah melakukan usaha untuk menggiring gajah ini kembali ke tempat awalnya.

" tim kita juga sudah turun, terdiri dari BBKSDA Riau, Balai TNTN dan Yayasan TNTN, yang kami lakukan secara bergantian untuk melakukan mitigasi konflik, laporan terkahir satwa gajah liar dari Desa Talau sudah berhasil digiring memasuki areal HGU  perkebunan PT  Musimmas." Ujar Hansen.

Lanjut beliau, besar kemungkinan kawanan gajah itu kembali keluar dan memasuki Desa Betung, karna menurut analisa dan dugaan tim  ada kelompok gajah lainnya yang  menyeberang Sungai Nilo dari arah PT Arara Abadi sekitar hari selasa yg lalu, ada kemungkinan gajah tersebut sudah bergabung dengan kelompok gajah yang 3 ekor.

" Ya kami berharap masyarakat bisa menahan diri, bersabar jangan sampai ada tindakan mau meracun atau membunuh gajah ini, kita bersama tim lain nya tetap mengupayakan semaksimal mungkin bagaimana kawanan gajah liar ini kembali ke habitat nya," tutupnya.***

 

Penulis -T Winata 

Berita Lainnya

Index