KPU Riau Targetkan Verfak Parpol Tuntas Akhir Oktober

KPU Riau Targetkan Verfak Parpol Tuntas Akhir Oktober

MataRiauNews -PEKANBARU-Pelaksana Harian Ketua KPU Riau, Abdul Rahman Kamis (27/10/22) mengatakan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU Riau sejak 15 Oktober 2022 lalu progres kabupaten/kota rata-rata sudah di atas 50 persen. Targetnya 30 Oktober mendatang sudah rampung.

Menurutnya, tingkat penyelesaian di kabupaten/kota bervariasi. Tingkat penyelesaian paling tinggi sekitar 80 persen di antaranya Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

"Pelaksanaan Verfak berjalan dengan monitoring dan supervisi langsung dari komosioner KPU Provinsi Riau. Verifikasi faktual dilakukan di 12 kabupaten/kota se Riau. Setiap hari anggota KPU Riau turun ke kabupaten/kota melakukan supervisi," terangnya.

Menurutnya ada beberapa kendala saat pelaksanaan Verfak,l. Seperti anggota Parpol yang disampling saat petugas datang, tidak berada ditempat karena bekerja, sehingga harus minta LO parpol untuk menghadirkan agar dapat diverfak secara langsung dihari berikutnya harus didatangi lagi.

"Selain itu, kekurangan SDM untuk melaksanakan Verfak. Namun akan diupayakan penambahan verifikator dari luar jajaran KPU. Semua SDM di jajaran KPU Riau maupun KPU kabupaten kota melakukan Verfak. Tapi, beberapa kabupaten kota membutuhkan tenaga tambahan seperti Bengkalis dan Rokan Hulu. Mereka akan merekrut verifikator dari luar, karena dikhawatirkan tidak tercapai target," katanya.

KPU Riau memberikan apresiasi pada Parpol karena cukup membantu petugas di lapangan dan koperatif melakukan koordinasi saat pelaksanaan Verfak. **

 

Sumber -Riau Terkini 

Berita Lainnya

Index