Diinisiasi Apkasindo, Wapres Serahkan 10 Ribu Kecambah Sawit Hibrid Kepada Ponpes Teknologi Riau

Diinisiasi Apkasindo, Wapres Serahkan 10 Ribu Kecambah Sawit Hibrid Kepada Ponpes Teknologi Riau

MataRiauNews - PEKANBARU - Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara simbolis sumbangan kecambah sawit hibrid dengan kualitas unggul sebanyak 10 ribu kepada Pengelola Pondok Pesantren Teknologi Riau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar turut hadir sekaligus menyaksikan penyerahan kecambah kecambah sawit hibrid dengan kualitas unggul tersebut.

Sumbangan kecambah sawit hibrid ini berasal dari Sinarmas sebanyak 5 ribu kecambah (jenis DxP Damimas) dan Surya Dumai (DxP First Resources) sebanyak 5 ribu kecambah. Kecambah ini akan ditangkar oleh Santripreneur dan kemudian akan disalurkan untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gulat Medali Emas Manurung menjelaskan bahwa Program Santripreneur Pembibitan Sawit Hibrid ini adalah turunan dari Program Santripreneur UMKM Berbasis Sawit yang dicanangkan oleh Wapres Oktober 2020 lalu.

“Sejak di launching oleh Wapres Program Satripreneur, Apkasindo langsung ambil peran untuk mensukseskannya," kata Gulat Manurung.

Lebih lanjut, Gulat ME Menurung mengatakan bahwa program ini sudah berjalan didua provinsi yaitu Provinsi Riau dan Kalimantan Barat.

Ia menambahkan bahwa setelah melakukan beberapa kali rangkaian kegiatan persiapan SDM terhadap santri dan alumni Ponpes tentang aspek agronomis kelapa sawit dan hilirisasi sawit, maka selanjutnya dilakukan pembangunan Pusat Pembibitan Kelapa Sawit di Pondok Pesantren Teknologi Riau.

"Tepatnya tanggal 2 September 2021 Wapres meresmikan Pusat Pembibitan Kelapa Sawit Kerjasama Apkasindo dengan Ponpes Teknologi Riau," sebutnya.

Sementara itu, melalui program ini, Wapres berharap pondok pesantren yang berada di daerah penghasil komoditi sawit dapat berperan dalam menggerakkan roda perekonomian daerahnya.

"Agar program ini berhasil, perlu dikembangkan kolaborasi dan kemitraan yang melibatkan tiga entitas yakni pemerintah baik pusat maupun daerah, dunia usaha, dan pesantren itu sendiri," kata Ma'ruf Amin.

Selanjutnya, Wapres dan Gubernur Riau Syamsuar beserta rombongan melihat pameran kecambah unggul kelapa sawit yang dilakukan oleh PPKS Medan, Asian Agri Group, Sinarmas Group, Sampurna Agro Group dan Surya Dumai Group.***

 

Sumber -Riau Terkini 

Berita Lainnya

Index