Diikuti Sebanyak 115 Peserta, Event Equator Run 10 K Pangkalan Lesung Meriah dan Sukses

Diikuti Sebanyak 115 Peserta, Event Equator Run 10 K Pangkalan Lesung Meriah dan Sukses
Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin SH, MH , Penyerahan Hadiah

MATARIAUNEWS.COM-PELALAWAN-Event Equator Run 10 K yang ditaja Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan (HUT)Republik Indonesia (RI) ke - 77 berlangsung meriah dan sukses.

Event yang diikuti sebanyak 115 atlit yang terdiri dari 19 peserta putri dan 96 peserta putra itu, perdana dilaksanakan di Kabupaten Pelalawan, bahkan di Propinsi Riau. Dengan mengambil Start di depan kantor Desa Rawang Sari dan Finish di depan Kantor Camat Pangkalan Lesung.

Camat Pangkalan Lesung Sugeng Wiharyadi, S.Sos menjelaskan, kegiatan lomba ini untuk motivasi seluruh masyarakat Pangkalan Lesung tentang olahraga lari. Kegiatan ini ternyata mendapatkan antusias yang sangat luar biasa, dan disambut baik oleh para peserta lomba lari yang ada dari Kabupaten Pelalawan, kota Pekanbaru bahkan hingga ke Provinsi tetangga, Sumatera Barat.

Ia berharap, kegiatan ini mendapat support oleh Pemda Pelalawan dan instansi terkait seperti PASI, KONI serta pihak swasta yang beroperasi di wilayah Kecamatan Pangkalan Lesung.

"Equator Run 10 K ini, diharapkan bisa salah satu kegiatan tahunan dan menjadi perlombaan olahraga rutin yang akan dilombakan baik secara lokal maupun nasional," sambungnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin, SH, MH yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini akan diusahakan menjadi kegiatan rutin atau agenda tahunan Pemkab Pelalawan.

"Pemkab Pelalawan telah berkonsultasi ke Provinsi Riau dan akan mengadakan event lari 100 K, yaitu dari Pangkalan Kerinci sampai Obyek Wisata Bono di Kecamatan Teluk Meranti atau dari Tugu Equator di Pangkalan Lesung sampai ke Bono," ujar Mantan Ketua DPRD Pelalawan ini.

Nanti, lanjutnya ada dua pilihan untuk agenda event ini, agar dilaksanakan start di Tugu Equator dan Finish di Obyek Wisata Bono.

Setelah kegiatan ini, Nasaruddin berharap agar Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lesung bersama Koramil dan Polsek ikut menggalakkan maraton. Dengan harapan masyarakat tempatan bisa hobi dalam olahraga lari, meskipun hanya 1 Kilo Meter.

"Mudah-mudahan hari ini sebagai pemanasan untuk atlet lari di Kabupaten Pelalawan, Porprov mendatang bisa meraih medali," tutup Nasaruddin SH, MH,

Ditempat yang sama, Pengurus Kabupaten  Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Pelalawan, melalui Sekretarisnya Edil Sepriawan, S. Si, pada kesempatan tersebut megatakan, bahwa PASI Kabupaten Pelalawan meminta dukungan supaya kedepannya ivent ini bisa menjadi kalender rutin dari PASI Kabupaten Pelalawan untuk memajukan olahraga lari di Kabupaten Pelalawan.

"Kalau Equator Run 10 K tahun ini hanya diikuti katagori umum, mungkin kedepannya kita bisa tingkatkan lagi dengan mengikutkan katagori pelajar, karena kita lihat pelajar belum nampak disini," ujar Edil.

Jadi kedepannya, ada katagori pelajar, boleh katagori umum tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat Kabupaten, atau mungkin tingkat kecamatan. "Sehingga nanti anak-anak pelajar kecamatan dapat, kabupaten dapat, provinsi dapat juga nasional dapat, jadi ada pemerataan. Kita juga bisa memantau para pelajar yang mempunyai potensi dan bertanggungjawab agar anak-anak yang berpotensi tersebut bisa menjadi atlit baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional," ungkapnya.

Bahkan, sambung Edil untuk katagori bisa ditambah. Misalnya  katagori 5 K, ada 10 K, ada 42 K. Bahkan ada juga rencana dari Disparpora, di tahun 2022 ini akan mengadakan ivent lari lebih dari 42 K.

"Karena potensi atlit-atlit dari daerah atau kecamatan itu sangat luar biasa, cuma mungkin kekurangan kita itu difaktor ivent. Kemudian ini akan menjadi catatan PASI Kabupaten Pelalawan. Semoga kedepan lebih giat lagi, bisa menjadi ajang tahunan di Kecamatan Pangkalan Lesung," pungkas Edil Sepriawan.

Untuk Diketahui, para altit juara pada Event Equator Run 10 K untuk  Putra. Juara I, Iqbal Saputra dari Sumatera Barat, Juara II Khairullah dari Lubuk Sikaping, Juara III Yusri Nanda dari Sijunjung, Harapan I Indo Kristi Nainggolan dan Harapan II Randi IF Ramadan.

Sedangkan untuk Putri, Juara I Latifa dari Payakumbuh, Juara II Jiham Alifa Ardi, Juara III Yura Safitri Waruwu dari Pekanbaru, Harapan I Suci Utari dari Sijunjung dan Harapan II Okma Deni dari Pekanbaru.***

Berita Lainnya

Index